Minggu, 16 Juni 2013

Bab 2 bait 4



PENJELASAN SUTRA USIA TANPA BATAS


Bait Sutra :


shě     dōu     shuài  jiàng   wáng  gōng   qì       wèi
              率,                 宮,         

chū     jiā       kǔ       xíng    xué     dào     zuò     sī
       家,                        道,         

shì      xiàn    shùn   shì      jiān     gù       yǐ        dìng
       現,                        故。         

huì        lì        xiáng  fú       mó     yuàn   dé      wēi
       力,                        怨,         

miào   fǎ       chéng zuì      zhèng jué 
       法,                        覺。

  

Penjelasan :

Para Bodhisattva ini menampilkan diri mencapai KeBuddhaan, terlebih dahulu harus turun dari Surga Tusita pelataran dalam dan lahir ke dunia manusia, Mereka akan memilih terlahir di dalam istana, menjadi seorang putra mahkota, dengan demikian segala kekayaan yang diinginkan sebagian besar manusia,  Beliau telah mendapatkannya. Namun segala kekayaan ini, tidak dapat menyelesaikan masalah tumimbal lahir, sehingga Dia menampilkan wujud seorang anggota Sangha, berdaya upaya  melatih diri, mencari kebenaran  untuk menyelesaikan masalah tumimbal lahir.

Semua tampilan ini ditujukan untuk menyelamatkan semua makhluk yang ada di dunia ini sehingga Mereka harus melakonkan peranan Nya. Kekuatan samadhi dan prajna yang dimiliki Bodhisattva, menaklukkan bermacam-macam Mara, pada akhirnya dapat memahami sepenuhnya, hanya dengan menfokuskan pikiran melafal Amituofo, bertekad lahir ke tanah suci, mendekati Buddha Amitabha, barulah dalam satu kelahiran dapat memperoleh buah KeBuddhaan. Artinya kekayaan dan kejayaan di dunia ini bukanlah yang terbaik, mencapai KeBuddhaan barulah yang terbaik; yang juga menunjukkan bahwa Saya dapat mencapai KeBuddhaan, maka semua makhluk juga dapat mencapai KeBuddhaan.


Dikutip dari  : Penjelasan ringkas Sutra Usia Tanpa Batas
Oleh  : Master Chin Kung



《解》這些菩薩們示現成佛,首先要從兜率天內院下生到人間來,他們都選擇降生在王宮,身為太子,這樣世間一般人希求的一切富貴,他全都得到了。但是這些富貴,解決不了生死問題,所以又現出家相,去勤苦的修行,尋求解決生死的真理。


這些示現都是為度我們這個世間的眾生而 作的表演。菩薩以定和慧的力量,降伏種種的魔怨,到最後徹底明白,唯有一心念佛,往生淨土,親近阿彌陀佛,才能在一生成就無上圓滿的佛果。意思是告訴我 們,人間的富貴榮華並不是最好的,成佛才是最好;也顯示我能成佛,一切眾生也一樣可以成佛。