Senin, 10 Juni 2013

Dari Bahagia Menuju Kebahagiaan 021



Mulut mengucapkan kata yang penuh keberuntungan “Amituofo”
   ----- mengundang kebahagiaan tiada batas.    
            Ada sebagian orang begitu mendengar insan lain menyebut Amituofo, dia langsung menyambut : “Duh sorry ya, tolong kecilkan sedikit suara anda, bila kedengaran orang lain jadi tak enak lho”. Coba anda pikirkan, mulut kita ini berani mengucapkan kata apa saja, seperti sekarang ini sedang trend kata “melukai syaraf otak”, “sungguh sakit kepala”. Coba pikirkan kata “melukai syaraf otak” mana bagus?  Kita tidak mengerti artinya maka sembarangan mengikuti orang lain mengucapkannya, juga  tidak menggunakan otak untuk berpikir sejenak, kapankah baru terjadi syaraf otak terluka? Contohnya : kepala terbentur  saat kecelakaan mobil, bila terluka maka akan mengenai syaraf otak, atau tekanan darah tinggi dan stroke maka akan melukai syaraf otak, kondisi badan mati sebelah sungguh menyedihkan, apanya yang bagus!

                Mengapa kata tak beruntung ini suka diucapkan orang awam, namun tidak menyadarinya. Justru malah sebaliknya kata seperti “Amituofo” yang begitu bagus mengapa tidak melafalnya setiap saat, bukankah ini sudah terbalik? Lagipula setiap waktu berpapasan orang-orang akan menanyakan “Apa kabar”, “Anda sudah makan?” Tak peduli jawabannya iya atau tidak, sudah makan atau belum juga tidak mengandung makna yang berarti. Lebih baik kita saling mengucapkan sepatah Amituofo yang berarti doa berkah yang tiada batas kepada diri masing-masing, agar kita saling mendoakan masa depan yang gemilang, usia panjang, mendoakan keberuntungan yang tak terhingga, ini adalah makna tiada batas dari sepatah Amituofo. Juga dapat saling mengingatkan harus menggunakan kebijaksanaan untuk menyelesaikan masalah, mengingatkan kita untuk saling memperlakukan satu sama lain dengan maitri karuna, saling memotivasi setiap saat dan di mana saja untuk memperoleh pencerahan, bukankah ini sangat bagus?

Dikutip dari ceramah Master Dao-zheng : “Dari Bahagia Menuju Kebahagiaan”



      有口當念最吉利的「阿彌陀佛」——
  
  感召無限幸福
  
  
      有一些人一聽列別人跟他說「阿彌陀佛」,他就說:「不好意思啦,小聲一點,讓別人聽到不好。」您想想看,我們這張嘴什麼不好的話都敢說,比如現在很流行「傷腦筋」、「真頭疼」。其實您想想看傷腦筋有什麼好的?我們不明白意思就隨便跟著人家胡說,也不自己用腦筋想想看,到底什麼時候會傷腦筋?比如說:車禍撞到頭,受傷就會傷到腦筋,或是高血壓中風就會傷腦筋,那半身不遂是很悲慘的,有什麼好呢!為什麼這種不吉利的話大家都掛在嘴上,自己卻不知道。反過來說,像「阿彌陀佛」這麼好的話反而不知道該時常說、時常念,這樣是不是顛倒呢?再說人與人見面總是問「您好嗎?」、「您吃飽了嗎?」不管是回答好或不好,不管是回答吃飽或是還沒吃飽,都沒多大意思。不如我們互相說一句「阿彌陀佛」代表彼此之間無限祝福的意思,讓我們互相祝福前途光明、消笑延壽,祝福無限吉祥,這就是阿彌陀佛無量的意義。也可以互相提醒要以智慧來辦事,提醒我們彼此慈悲相待,相互勉勵隨時覺悟、處處覺悟,這不是很好嗎?


摘自 :從樂入樂

道證法師講述