Senin, 10 Februari 2014

Penyelamatan Dari Klinik 24 Jam 10



Kisah Suku Sakya --- “Bertobat dengan kekuatan sendiri” dan “Bertobat dengan setulusnya melafal Amituofo dan yakin pada Kekuatan Buddha”.

Bagian 1

Mengapa ada praktisi yang mengajukan pertanyaan tentang mengandalkan kekuatan sendiri, ini dikarenakan dia menonton sebuah film yang berjudul “Kisah Suku Sakya”. Dari kisah ini dia menganggap bahwa Buddha Sakyamuni tidak mampu memikul beban karma Suku Sakya, maka itu dia mengemukakan teori “kita melafal Amituofo, Buddha Amitabha juga tidak mampu memikul beban karma kita”. Maka itu dia bisa membuat kesimpulan sedemikian dikarenakan telah mengabaikan kondisi Suku Sakya pada masa itu dengan kita yang membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, dua hal ini jika ditinjau dari jalinan jodoh dan syaratnya adalah tidak sama, benih sebabnya berlainan maka tentu saja buah akibatnya berbeda, mana boleh mengambil kesimpulan berdasarkan kejadian ini?

Kemudian ada seorang praktisi lainnya yang mempunyai ulasan tentang sebab mengapa Suku Sakya tidak dapat memperoleh bantuan kekuatan Buddha, haruslah meninjau apakah Suku Sakya ada atau tidak bertobat atas rintangan karma, adakah terjalin dengan Buddha. Cara pemikiran ini adalah benar adanya, dia ada memikirkan bahwa jalinan jodoh dan syarat dari dua hal ini pada dasarnya adalah tidak sama.

Karena menurut ulasan praktisi ini, adalah harus meninjau apakah Suku Sakya ada atau tidak bertobat atas rintangan karma, disini kita harus menekankan bahwa pertobatan yang dilakukan atas kekuatan sendiri dan melafal Amituofo dengan setulusnya, pertobatan yang mengandalkan Kekuatan Buddha, dalam sisi kekuatan dan manfaatnya memiliki perbedaan yang sangat besar.

Petikan Ceramah Master Dao Zheng : Penyelamatan Dari Klinik 24 Jam



釋迦族的故事——『靠自力的忏悔』和『至心念佛信靠佛力的忏悔』
()

這位童子解釋,他所以會導出這樣的結論,是因為看了一個影片——『釋迦族的故事』。他由這個故事認為釋迦佛既不能夠替釋迦族背業,因此就導出了『我們念佛,阿彌陀佛也不能把我們的業障背走。』這樣的結論。所以會導出這個結論,是因為忽略了當時的釋迦族和我們以信願來念佛,這二者之間基本上因緣、條件就不一樣,因不同果當然就不同,怎麼能夠依此類推呢?

當時另一位童子有檢討何以釋迦族不能夠得佛力幫忙的原因——要檢討釋迦族有沒有忏悔業障,有沒有和佛相應。這個思考方向是對的,她有考慮到這兩件事因緣條件根本就不一樣。因為這位童子所講的,是要檢討釋迦族有沒有忏悔業障,在這裡我們還要再加強、再了解,一般靠自己力量的忏悔和至心念佛、信靠佛力的忏悔,在力量和功用上還有很大的差異。


節錄自 :道證法師 《永不休診的救度》