Rabu, 12 Juni 2013

Ujian dari Master Guang Qin 03



Pekerjaan adalah soal ujian untuk menguji pikiran

“Lihatlah! Orang ini paling pintar ambil muka!” 


Soal ujian dari Master Guang Qin sungguh beragam dan berubah-ubah, guruku berkata padaku,  Vihara Cheng Tian dibangun di pergunungan yang dalam,  tahap pembangunan mengalami berbagai kesulitan, harus mengerjakannya sendiri, mengambil tanah, memindahkan batu bata, bahkan sampai seluruh tubuh terbenam ke dalam lumpur. Master Guang Qin memotivasi semua orang sambil bekerja sambil melafal Amituofo, malatih ketrampilan melafal Amituofo dalam bergerak.


Suatu hari banyak Bhiksu datang mengunjungi Master Guang Qin, kemudian Master segera mengutus orang ke lapangan  untuk memanggil guruku untuk menjadi penerjemah, ketika guruku sampai di ruang ketua vihara, Master langsung berkata di hadapan para tamu : “Kalian lihat saja! Vihara kami ini, cuma orang ini yang pintar ambil muka! Anda sekalian sudah lihat, dia sengaja mengotori dirinya dengan tanah liat, supaya dikatakan orang bahwa dia telah bekerja keras dan bersusah payah!” 


Semua hadirin yang mendengar ucapan Master Guang Qin tidak ada yang tak percaya, di antara para Bhiksu yang sedang duduk, ada yang berkata pada guruku : “Ah? Master Guang Qin bilang anda suka ambil muka, ini tidak baik lho!” Guruku yang mendengar ucapan ini langsung berlutut dan berkata pada para tamu : “Ya, saya memang suka ambil muka, saya akan segera bertobat dan memperbaiki diri”.


Menyadari semua ini adalah ujian!
Memberikan jawaban dengan bijaksana


Saat itu ketika mendengar guruku berkata demikian, airmataku langsung mengalir, keharuan memenuhi hatiku. Saya merenungkan diriku sendiri, jika Master Guang Qin berkata begitu pada diriku, apalagi di hadapan para Bhiksu senior, saya pasti akan menanggapinya dengan serius, dan sangat bersedih hati, namun  guruku memiliki kesadaran, langsung dapat memahaminya, dirinya sedang diuji, dia segera menenangkan dirinya dan memberi jawaban yang sepatutnya.


Bila kita tak menyadari kita sedang menjalani ujian, maka akan menuruti tabiat diri, sehingga akan memberikan tanggapan yang jelek. Ini dalam Buddha Dharma akan memperoleh nilai berapa?


Dikutip dari ceramah Master Dao-zheng : Ujian dari Master Guang Qin