Rabu, 05 Juni 2013

Kematian Berubah Menjadi Kelahiran 019



Menyelamatkan lautan manusia --- setiap hari habis makan tak ada kerjaan dan bersantai.

Tidak ada sesuatu apa pun di pikiran --- kebijaksanaan tanpa noda – barulah dapat menyelesaikan semua urusan dengan baik.

Pernah suatu hari ada insan yang melihat Master Guang-qin dikelilingi lautan manusia  yang menanyakan masalah, maka dengan sangat berterimakasih dan berkata : “ Guru, anda telah menyelamatkan banyak makhluk!” Master Guang-qin menjawab dengan nada tenang : “ Setiap hari habis makan saya begitu santai tidak punya kerjaan”. Bila dengan pandangan awam kita, tentunya beliau itu sangat sibuk dan kelelahan, namun karena dalam pikirannya tidak ada kekhawatiran dan kemelekatan,  barulah merasa “habis makan tidak punya kerjaan”. Karena dalam pikiran beliau tidak ada kerjaan, maka telah melepaskan segalanya, dengan sendirinya jadi santai tanpa beban dan bahagia! Karena di pikiran beliau tidak ada hal apa-apa, barulah muncul kebijaksanaan tanpa noda, juga dapat mengamati batin sendiri, juga dapat menyelesaikan semua urusan dengan baik, juga tidak bisa kelelahan, hanya merasa amat santai. Berlainan dengan pandangan awam yang bila melihat lautan manusia tentu akan merasa sangat risau, selain  tegang dan cemas juga sangat kelelahan, begitu pikirannya dilanda kekhawatiran, maka takkan dapat mengamati dengan jelas, segala urusan jadi tak terselesaikan.

Dikutip dari ceramah Master Dao-zheng : “Kematian Berubah Menjadi Kelahiran”


度人山人海每天吃飽閒著沒事
心中沒事空靈智慧才能辦好一切事

曾經有人看他(上廣下欽老和尚)每天被人山人海包圍著問問題,就很感慨向他說:「老和尚您實在度了好多眾生!」老和尚只有平靜地回答說:「我每天吃飽閒著沒事。」如果以我們常人有為的眼光來看,他應該是很忙又很累的,但是因為他的心沒有罣礙執著,所以只覺得「吃飽閒著沒事」。因為內心沒事,什麼都放下,自然輕鬆愉快!因為心中沒事,才能空靈智慧,才能觀照,反而能夠辦好一切的事,又不會累,只覺得悠閒。如果是一般人光是看人山人海心就煩,光是緊張擔憂就累得不得了,心中一有罣礙,就會觀察不清楚,事情反而都辦不好。

摘自 :「枉死」變「往生」
道證法師講述