Kamis, 26 Desember 2013

Tanggapan Master Hsuan Hua terhadap buku berjudul “Catatan Perjalanan Ke Alam Sukhavati”



Tanggapan Master Hsuan Hua terhadap buku berjudul “Catatan Perjalanan Ke Alam Sukhavati”

Murid bertanya : Saya ingin bertanya apakah Master Kuan Jing (pengarang buku “Catatan Perjalanan Ke Alam Sukhavati”) adalah murid Master Xu Yun? Apakah buku karangannya itu adalah benar adanya?

Master Hsuan Hua Menjawab : Saya mengenal Master Kuan Jing sejak berada di Vihara Nan Hua. Waktu itu dia masih seorang anak kecil, saya tidak tahu apakah dia benar adalah murid  Master Xu Yun, karena ini adalah pengakuannya sendiri, saya sendiri tidak pernah mendengar Master Xu Yun mengatakan hal ini, saya juga tidak pernah bertanya pada Master Xu Yun tentang hal ini, saya tidak berani menjawab sembarangan. Tetapi mengenai “Catatan Perjalanan Ke Alam Sukhavati”, ini adalah pemalsuan.

      dikutip dari  Tanya Jawab oleh Master Hsuan Hua, diterbitkan oleh Shanghai Buddhist Bookstore, pada bulan Februari tahun 2003




宣化上人对于《西方极乐世界游记》的答疑 

弟子问:请问宽净法师是不是虚云法师的弟子?他所写的《极乐世界游记》是否是真的? 

宣化上人答:那个宽净法师,我在南华寺就认识他。那时他是个小孩子,我不知道他是不是虚云老和尚的弟子,这是他自己说的,我没听老和尚说过,我也没问过老和尚这个问题,我不敢冒然答复。可是《极乐世界游记》根本就是伪造的。 


——出自《金刚棒喝——宣化上人问答录》,上海佛学书局20032月印行