Rabu, 12 Juni 2013

Ujian dari Master Guang Qin 05



Ujian larut malam dalam kelelahan
 Diuji “pada saat yang tidak tepat” --- sebenarnya adalah “waktu yang sangat tepat”!
Ketika berusaha dengan kemampuan maksimal, berhasil lulus ujian memilah paku di tengah malam.
Kerja atau tidak adalah urusan anda sendiri!


Guruku berkata padaku,  pada masa pembangunan  Vihara Cheng Tian, semua orang harus bekerja sama saling membantu. Suatu hari, ketika harus lembur sampai larut malam dalam kelelahan yang tak terkatakan, Master Guang Qin tiba-tiba mencampuradukkan sekotak besar paku yang telah selesai dipilah. Kemudian berkata kalian pergilah memilah paku ke dalam ukuran besar dan kecil, guruku menjelaskan, semula niatnya adalah ingin mengatakan --- “Aduh! Bhiksu senior, kenapa anda harus memilih waktu dimana semua orang sudah begitu kelelahan untuk memilah paku lagi?” Kemudian, Master Guang Qin memasang mimik wajah yang tegas dan berkata : “Apakah saat ajal menjelang anda bisa memilih waktunya?” Saat itu guruku segera berlutut, menyadari maksud Master, lalu menjawab:”Murid sekarang juga pergi mengerjakannya”. Kemudian dengan menyemangati diri untuk bertahan, membagi paku ke dalam satu inci, dua inci, menurut ukuran besar dan kecil,  mengerjakannya sampai tengah malam, barulah selesai, kemudian melapor kepada Master Guang Qin : “Murid telah selesai memilah paku”. Master Guang Qin menjawab : “Kerja juga urusan anda, tidak kerja juga urusan anda sendiri!”



Derita, sakit, lelah, tua....harus dapat membangkitkan pikiran benar
-----saat menjelang ajal adalah hari yang paling tua, juga hari yang paling melelahkan


Pada saat menjelang ajal, kita tidak bisa memilih waktu mana yang nyaman, tak peduli meninggal di usia 30 atau 80 tahun, juga merupakan hari yang paling tua dan paling melelahkan dalam seumur hidup, karena itu dalam keseharian harus lebih tekun melatih,  tak peduli waktu selelah dan sesusah apapun, harus dapat membangkitkan pikiran benar.


Bekerja untuk melatih pikiran
Menaklukkan khayalan, kemelekatan pada keakuan dan kerisauan


Kita mengetahui bahwa Master Guang Qin sendiri adalah seorang praktisi yang pernah melakukan samadhi semalaman di ruang terbuka, sesungguhnya beliau tak memerlukan membangun vihara, hanya menggunakan bangunan vihara sebagai tempat pengajaran dan untuk melatih murid-muridnya.



Dikutip dari ceramah Master Dao-zheng : Ujian dari Master Guang Qin