Rabu, 05 Juni 2013

Kematian Berubah Menjadi Kelahiran 017


Tekad adalah niat hati yang sesungguhnya.

Menerapkan “tekad” dalam kehidupan keseharian, sebagai pelopor terdepan.

Master Ou-yi berkata : keyakinan dan tekad adalah syarat pasti ke Alam Sukhavati. Dan orang yang memiliki keyakinan belum tentu telah mengikrarkan tekad, sebaliknya orang yang telah bertekad pasti  telah memiliki keyakinan. Maka itu kunci utama untuk dapat terlahir ke Alam Sukhavati adalah “tekad”.  Ada praktisi yang berkata : “Ada! Setiap hari saya membaca syair bertekad lahir ke Alam Sukhavati”.  Perlu diketahui, jika bertekad melalui tulisan, belum tentu memilki niat tersebut.

“Tekad” adalah niat yang benar-benar ada di hati, yang benar-benar diinginkan. Insan yang bertekad dengan kesungguhan hati,  bahkan juga akan menerapkan tekad ini dalam kehidupan keseharian,  sebagai pelopor terdepan, seperti ketika Master Guang-qin menaklukkan si pemeras, dia tetap menggunakan “tekad” ini sebagai kekuatannya, dengan mengandalkan tekad agungnya, dia tidak mengharapkan penghormatan dan persembahan dari umat, juga tidak memiliki niat untuk mengadakan kegiatan karir keagamaan.

Dikutip dari ceramah Master Dao-zheng : “Kematian Berubah Menjadi Kelahiran”


是心中真正的希求
把「願」貫徹在整個日常生活,作為前導

蕅益大師說:信願是決定往生的條件。而有信心的人未必已經發了願,然而已經發願的人必定是具有信心的。所以往生的總關鍵是決定在「願」。有人會說:「有啊!我每天都有念願生西方的發願文」。要知道,照字念發願文,未必真有那一份心。「願」是心中真正的希求,真正想要的。真心發願的人不只是在佛前念發願文,而是會把這一個願貫徹在整個日常生活中,作為前導,就像老和尚 (上廣下欽老和尚)被勒索時,還是以這一個願作為主題,他只有這一個大願,完全沒有希望世人恭敬供養他的心,甚至也沒有刻意要辦什麼佛教事業的願。

摘自 :「枉死」變「往生」
       道證法師講述