Selasa, 04 Juni 2013

Kematian Berubah Menjadi Kelahiran 013



Terlahir ke Alam Sukhavati lebih mudah dan lebih rileks daripada mati sia-sia di alam saha.

Kuncinya --- bersedia bahagia, membuang sampah batin

Sesungguhnya terlahir ke Alam Sukhavati itu mudah atau sulit?

Jujur saja, bagi praktisi yang memiliki keyakinan dan tekad teguh, untuk terlahir ke Alam Sukhavati merupakan hal yang mudah, hanya pada sebersit niat pikiran saja, bahkan lebih mudah dan lebih berbahagia daripada mati sia-sia di alam saha. Namun bila persyaratan nya belum jelas, atau tidak memiliki keyakinan dan tekad yang benar, maka untuk terlahir ke Alam Sukhavati akan sulit. Orang demikian mungkin adalah orang yang selalu menyibukkan diri aktif dalam lingkungan Buddhis, mengikuti orang lain membeli tasbih, membeli alat kebaktian, membeli pakaian upasaka upasika, seperti contoh yang kita bahas sebelumnya, mulutnya saja yang bilang mau ke Amerika, setiap hari mengurusi  kopernya, membeli koper, namun tidak mengurus visa dan paspornya, namun penampilannya seperti hendak berangkat ke luar negeri, namun karena tidak mengurus syarat utama maka tidak bisa berangkat.

Orang ini memang memegang tasbih, tampaknya asyik menekan tombol penghitung digital.  Namun tidak bersungguh-sungguh membangkitkan keyakinan melafal Amituofo, juga tak sudi membuang sampah di batinnya, membuat keputusan  untuk hidup dengan bahagia, serta kekuatan tekad. Jika kekurangan keyakinan benar dan tekad benar, maka takkan terhindarkan dari mati sia-sia di alam saha. Sepanjang hidup bersusah payah menyiapkan koper, akhirnya terpaksa  harus ditinggalkan di alam saha dan digunakan untuk tumimbal lahir.

Dikutip dari ceramah Master Dao-zheng : “Kematian Berubah Menjadi Kelahiran”



「往生」比「枉死」,簡單又輕鬆
關鍵願意快樂,願丟垃圾之決心
到底往生極樂是容易還是困難呢?

說實在,心中具足信心,真的願意往生的人,往生極樂是很容易的,只是一念之間而已,實在比枉死娑婆簡單而且快樂。但是如果條件沒有弄清楚,或是心中沒有真信、真願的人,往生極樂就很難了,這樣的人很可能只是常常在佛教圈中活動,跟著別人買念珠、買法器、買居士服,就好像前面的比方所說的,嘴裡說要去美國,天天都在整理行李,買旅行箱,但是都沒有辦好簽証等等必要的條件,他是外表看起來很像要出國,但是沒有辦好必要的條件,實在是去不成的。他是有拿念珠、按記數器念佛的外表形式。但是沒有真正以信心念佛,也缺乏願意丟掉心中的垃圾,缺乏真正「願意快樂」的決心、願力。缺乏這一份真信、真願,當然是免不了枉死娑婆的。這一生辛苦弄來的行李,就只好留著在娑婆世界輪迴用了。

摘自 :「枉死」變「往生」

道證法師講述