Jumat, 14 Februari 2014

Penyelamatan Dari Klinik 24 Jam 35



Keangkuhan

Orang memberi penghormatan kepada kita, karena di dalam hatinya memang ada rasa hormat, dapat menaklukan noda pikiran kesombongan, dia memahami bernamaskara dan memberi penghormatan pada Buddha, ini karena dia memiliki budi luhur, jadi bukanlah kita yang diperlakukan dengan hormat ini memiliki kehebatan!

Umat yang setelah selesai mendengar ceramah dan berniat melakukan namaskara karena dia memahami untuk menghormati “Buddha Dharma” jadi bukan terhadap “si penceramah”. Kita jangan merasa senang mengira umat bernamaskara pada kita, ini namanya terlalu banyak berprasangka. Kita seharusnya merasa malu! Orang lain tahu memberi sikap hormat, kita malah merasa bangga, memunculkan keangkuhan!

Di sini ada sebuah hal yang harus diingat, Master Yin Guang pernah memberi sebuah perumpamaan, ada seorang upasaka marga Yang, suatu hari ketika dia sedang melakukan namaskara pada Buddha, tiba-tiba Rupang Buddha berdiri dan membalas dengan bernamaskara pada Upasaka Yang.

Andaikata pada saat itu pikiran Upasaka Yang goyah, merasa bangga karena Rupang Buddha saja membalas bernamaskara pada dirinya. Jika demikian maka habislah! Ini adalah pikiran angkuh dan ceroboh yang akan merintangi usahanya terlahir ke Alam Sukhavati!

Bagaimana reaksi Master Yin Guang? Beliau berkata mengapa Rupang Buddha berdiri dan membalas namaskara Upasaka Yang? Ini adalah “kekuatan karma buruk masa lampau”, kekuatan karma buruk masa lampaunya sehingga musuh kerabat penagih hutang, memunculkan kondisi khayal sedemikian! Agar setelah Upasaka Yang melihatnya jadi angkuh, begitu keangkuhannya muncul, dia merasa sangat senang, mengira dirinya telah mencapai pencerahan, maka Mara pun segera merasuki dirinya, terobsesi dan gila, semua ini akan merusak hasil jerih payah pelatihan dirinya, dengan cara ini mereka melakukan pembalasan.

Karena kita membangkitkan keyakinan dan tekad untuk melafal Amituofo, maka pada kelahiran ini juga kita akan segera menjadi Buddha! Musuh kerabat penagih hutang masa lampau kita tidak ikhlas! Tidak ikhlas karena kita bisa begitu mudah meraih keberhasilan! Maka itu mencari kesempatan balas dendam.  

Baru dipuji sudah goyah, maka musuh kerabat penagih hutang akan selalu mencari kesempatan untuk memujinya, agar dia merasa bangga dan lupa diri sampai terbang ke angkasa, Buddha pun sudah dilupakannya! Dengan cara ini baru bisa merusak usahanya untuk terlahir ke Alam Sukhavati!

Baru memperoleh sedikit kemajuan batin, misalnya bisa memancarkan cahaya, sudah begitu sombong, maka musuh kerabat pun menggunakan cara ini untuk memunculkan segala jenis kondisi batin, agar dia merasa dirinya hebat, bangga sekali sampai Buddha pun dilupakannya.

Master Yin Guang berkata bahwa untunglah Upasaka Yang ini memiliki kekuatan jasa kebajikan yang mendalam, tidak terjebak ke dalam kondisi tersebut, masih tetap membangkitkan pikiran benar melafal Amituofo, dan terlahir ke Alam Sukhavati.  

Master Yin Guang berkata bahwa  setelah Upasaka Yang mengalami kejadian tersebut, ada sebagian orang yang malah menanggapi kejadian ini dengan serius! Sungguh kasihan.

Master Yin Guang berkata bahwa Buddha adalah Guru Pembimbing di tiga loka (Kamaloka, Rupaloka dan Arupaloka), Bodhisattva tingkatan tertinggi datang melakukan namaskara pada Buddha, Buddha juga takkan menghentikannya melakukan namaskara, karena itu mana mungkin akan berdiri dan membalas namaskara Upasaka Yang? Master Yin Guang menyayangkan bahwa mata sejati umat awam  tidak terbuka, kondisi batin hasil rekayasa Mara pun tidak dikenali. Jangan karena muncul secuil kondisi batin yang tidak bernilai ini, akhirnya memutuskan jalan kita ke Alam Sukhavati!

Petikan Ceramah Master Dao Zheng : Penyelamatan Dari Klinik 24 Jam


驕慢心

一位童子說:『像我剛剛出去幫人家上課,講點佛法,沒有多久,下台來就有人跑來當場向我頂禮。我是趕快回三個禮不敢接受。也有人就跑來跟我講:『老師,我來上你的課,你就是我的老師,你有什麼願要滿,我都幫你滿。』對不起,請大家調整一下觀念,別人對我們很禮敬,那是他很有恭敬心,能夠降服驕慢的煩惱,是對方很懂得禮敬諸佛,是他有修養,不是我們被頂禮的人有本事啊!人家聽法之後,知道要頂禮,是他已經懂得恭敬『佛法』,恭敬『說法者』,並不是向『人』頂禮。我們不要自我陶醉,以為人家向我們頂禮,那真是太自作多情啰。我們要很慚愧呀!別人已經懂得恭敬,我們還這兒洋洋得意,生驕慢心啦!

在這裹有一件事,要特別提醒大家,印光祖師曾經舉過一個例子,說有一位姓楊的居士,有一天他在拜佛的時候,竟然佛像起立來答禮,也向他禮拜。請特別警惕哦!不是人,是佛哦!佛像都爬起來頂禮答禮。如果這位楊居士一動心,稍稍有一點兒自鳴得意,以為我一定是很不錯啦,否則佛像怎麼會起來答禮呢?這樣,就完了!這樣就是起『浮躁狂妄』的心,會壞了往生的大事!

大家知道印光祖師怎麼說嗎?他說佛像為什麼會起立來答禮呢?這是『宿惡業力』,過去生的惡業力使得冤家債主,幻現此境!就是冤親債主變的啦!希望他看了以後,一得意,生歡喜心,以為自己得道啰,那麼就著魔發狂,破壞他所有修行的功夫,這樣來報怨。因為假如我們一直信願念佛,這生就要成佛了!以前的冤親債主很不甘心啦!不甘心我們這麼便宜就成功啦!所以就抓住我們的小辮子,來報怨。稍為被一誇獎一贊歎就動心的人,冤親債主就專門贊歎他,讓他得意得飛上天,把佛都丟了啊!這樣才能破壞他往生啊!稍微見到一點好境界啦,什麼放光啦,就得意洋洋的人,冤親債主就專門現這種境界,讓你得意洋洋,得意得忘了佛。印光祖師說的這位楊居士,還好,他的功德力深,沒有受到這種境界的損壞,還是繼續正念念佛,終能往生。

印光祖師說:這位楊居士發生這個事情的時候,有些人還認為是真的呢!可不哀哉!印光大師說:佛是三界的大師,等覺菩薩來禮拜佛,佛也不會阻止他禮拜的,怎麼會起來跟楊士答禮呢?印祖感歎哪,我們凡夫正眼根本沒有打開,魔境現前也不認識。為什麼上廣下欽老和尚,和家師一再耳提面命,常常在我們耳邊說:『狂憨神抬,抬不退,以為承天寺攏伊起,眾生攏伊度。』(台語)這是真的愛護我們的法身慧命啊!不忍心我們這樣一得意,稍微一點點不值錢的小境界,就斷送了西方路啊!



節錄自 :道證法師 《永不休診的救度》