Minggu, 09 Februari 2014

Penyelamatan Dari Klinik 24 Jam 08



Dharma Yang Sulit Dipercaya

Buddha Sakyamuni selalu mengatakan bahwa Ajaran Sukhavati merupakan Dharma yang sulit dipercaya. Bahkan seluruh Buddha di enam penjuru menjulurkan lidahNya yang lebar dan panjang, untuk menasehati agar semua makhluk membangkitkan keyakinan, ini menunjukkan bahwa ajaran ini memang sulit dipercaya, jika tidak, buat apa harus menasehati sampai berkali-kali? Bahkan seluruh Buddha di enam penjuru, sampai seluruh Buddha yang ada di sepuluh penjuru juga datang menasehati, tetapi para makhluk ini sampai Buddha sendiri yang muncul memberi nasehat, juga tidak dipedulikan, juga tidak percaya.  

Master Ou Yi mengatakan bahwa Buddha Amitabha menempatkan buah hasil   pencerahan sempurna Nya, tanpa syarat memberikannya kepada para makhluk yang diliputi dengan kekeruhan dan kejahatan, ini adalah kondisi batin Buddha, maka itu hanya Buddha yang dapat melakukannya!

Maka itu hanya antar sesama Buddha yang dapat memahaminya secara keseluruhan, jadi bukan usaha kita sebagai makhluk di sembilan Dharmadhatu ini yang menggunakan “kekuatan sendiri” yang bisa mempercayai dan memahaminya. Harus diperhatikan bahwa sembilan Dharmadhatu adalah dari orang awam sampai menjadi Bodhisattva Pencerahan Tertinggi (Maha Bodhisattva yang akan segera mencapai KeBuddhaan).

Sampai Bodhisattva Pencerahan Tertinggi yang menggunakan kekuatan sendiri juga takkan percaya, memahami, maka itu tidak boleh menyalahkan   mereka yang tidak percaya, karena memang bukan dapat dipercaya oleh sembilan Dharmadhatu yang menggunakan kekuatan sendiri.

Dapat membangkitkan keyakinan dan pemahaman adalah berkat kekuatan Buddha, orang yang dapat yakin adalah insan yang pada kehidupan ini juga akan segera menjadi Buddha.  
  
Petikan Ceramah Master Dao Zheng : Penyelamatan Dari Klinik 24 Jam


非九界自力所能信解

這也不能怪大家不信,因為釋迦佛一直說難信,一直說甚難甚難。而且六方佛還通通都出來出廣長舌相,來勸大家要信,表示這本來就是很難信,否則何必要一勸、二勸、三勸、四勸呢?而且還六方佛、十方佛都總動員通通跑出來勸,可是眾生還是連佛出來勸,都不理睬啊,都不信啦。蕅祖到後面才說『頑冥極矣』。蕅益大師在要解『流通分』,『勸行流通』那一段,說:


『今以此果覺全體,授與濁惡眾生,乃諸佛所行境界,唯佛與佛能究盡,非九界自力所能信解也。』

蕅益大師說,阿彌陀佛把他成佛的偉大成果,果覺的全體,無條件通通送給我們這些濁惡的眾生,這是諸佛所行的境界,這是只有佛做得到的境界啊!所以也只有佛和佛能夠彼此互相完全了解,根本不是我們九法界用『自力』所能夠相信、所能夠了解的。請大家注意,九法界就是從我們這些可憐的凡夫一直到等覺菩薩。連等覺菩薩用自力都不能夠相信、了解,所以也不能夠怪任何人不信,因為這本來就不是九界自力所能信解的。

能信解是佛力的加被,能信的人是這一生要作佛了。以前我們曾經開玩笑說,要『九怪』才能往生,因為大家都不能信,九界自力都不能信的事,他竟然可以信,那就很怪啦。要很怪的人才會往生,一般普通人都是留在娑婆世界輪回啊。


節錄自 :道證法師 《永不休診的救度》