Selasa, 28 Januari 2014

Penyelamatan Dari Klinik 24 Jam 02



Tanpa Pengamalan Tidak Bisa Disebut Keyakinan Benar

Kita mengetahui bahwa Buddha Amitabha adalah Jiwa KeBuddhaan diri sendiri, mengetahui bahwa setiap makhluk memiliki Jiwa KeBuddhaan, mengetahui bahwa melafal Amituofo juga harus disertai dengan pengamalannya, ini hanyalah pengetahuan pertama, belumlah masuk ke dalam “keyakinan mendalam”.

Kita menyadari bahwa  di dalam diri kita ada sebuah jiwa sejati yang agung, Buddha Amitabha adalah Jiwa KeBuddhaan kita, jiwa sejati kita, tetapi tindakan, ucapan dan pikiran dalam keseharian tidaklah sedemikian; walaupun menyadari bahwa diri sendiri adalah Buddha, namun sayangnya apa yang diperbuat adalah tindakan Asura, serangga ceroboh, setan serakah.

Menurut prinsip yang dikemukakan oleh Master Ou Yi, tanpa pengamalan maka tidak dapat disebut keyakinan benar, tentu saja lebih tidak bisa digolongkan sebagai keyakinan mendalam. Praktisi sekalian janganlah memiliki tabiat pintar teori tanpa pengamalan.

Walaupun sebuah teori yang mendalam, pengamalannya juga harus dimulai dari dasar. Maka itu janganlah membicarakan teori yang dalam, tetapi untuk mengamalkan berkah pertama dari “Tiga Berkah Karma Suci” saja tidak sanggup. ini sungguh patut dikasihani. Karena itu ingatlah selalu : tanpa tindakan nyata maka tidak bisa disebut memiliki keyakinan.

Petikan Ceramah Master Dao Zheng : Penyelamatan Dari Klinik 24 Jam


沒有行不能叫作真信

另外,五月十八日另一堂課,末後有討論到『深信吾人心性』這個問題,大家記得嗎?末學先提醒大家一點:我們都只是由文字語言,知道阿彌陀佛就是我的佛性,知道我們有佛性,知道念念相應就念念佛,這只是『初步聽說』,很皮毛地知道而已,和『深信』是有天壤之別的。

我們聽說是聽說了,知道好像是知道了,知道我們有偉大的自性,阿彌陀佛就是我們的佛性、我們的本心,可是身口意平常所行出來的都不是這麼回事;雖然知道我本是佛,很可惜現在做出來都還是阿修羅啦、胡塗蟲啦、貪心鬼的樣子。

依蕅祖所說的原則,沒有行的是不能叫作真信的,當然更談不上是深信。童子要注意不要犯了眼高手低的毛病。

『登高必自卑,行遠必自迩。』雖然講高深的道理,還是要從基層做起。不要講高深的道理,講得好像是法雲地以上的菩薩,但是事實上連淨業三福的第一福都沒有做,這就可憐了。請記得:沒有在行為上行出來是不能叫作有信的。

節錄自 :道證法師 《永不休診的救度》