Sabtu, 15 Februari 2014

Penyelamatan Dari Klinik 24 Jam 46



Makan Daging Memutuskan Benih Maitri Karuna Jiwa KeBuddhaan

Bagian 2

Oleh karena akan banyak orang yang memperdebatkan : “Pada waktu Buddha Sakyamuni berada di dunia, bukankah ketika sedang berpindapatra, para Bhikkhu juga menerima persembahan daging? Mengapa kalian begitu keras kepala, harus bervegetarian.

Sesungguhnya orang yang mengucapkan komentar ini tentu kurang membaca buku sutra,  mungkin hanya terbatas pada sutra Hinayana, maka itu tidak memahami Ajaran Buddha, kesimpulan akhir adalah dilarang makan daging.

Akhirnya ketika sampai pada pembabaran Lankavatara Sutra, Buddha membabarkan bahwa banyak alasan mengapa kita tidak boleh makan daging. Dan pada saat Buddha membabarkan Lankavatara Sutra ini, Beliau menghapus kemudahan yang Beliau berikan waktu sebelumnya. Ini menyuruh kita semua untuk menghapus tradisi makan daging tiga kriteria.

Di dalam Lankavatara Sutra, Buddha juga membabarkan bahwa Buddha memandang semua makhluk sebagai putra tunggal satu-satunya, maka itu Buddha tidak mengijinkan daging putraNya dimakan. Makan daging berarti makan daging putra Buddha.

Petikan Ceramah Master Dao Zheng : Penyelamatan Dari Klinik 24 Jam


食肉斷佛性慈悲種子
(二)


因為有很多人會抬槓說:佛在世的時候,比丘他們去托缽明明都是吃肉,你們學佛為什麼那麼固執,一定要吃素。其實,他所看的經典可能很少,可能只局限在小乘的經典。所以不了解佛陀的教育,循循善誘,漸次而進。到後來就說:完全不可以吃肉了。

後來,到了講《楞伽經》的時候,就說出來,有無量因緣不應食肉。佛到講《楞伽經》的時候,就把前面所制的方便除掉了。說:『開除方便,一切悉斷。』就是叫大家要斷掉食肉的習慣。佛直到講《楞伽經》的時候就說:『視一切眾生猶如一子,是故不聽令食子肉。』就是說佛把一切眾生當作唯一的兒子,所以不允許,不聽就是聽從這個聽,但是念作ting,是故不聽,就是不允許,令食子肉,就是吃親生子的肉。吃肉就是吃到佛子的肉,到講《楞伽經》的時候,佛跟大慧菩薩說:『我有時說遮五種肉,或制十種,今於此經,一切種,一切時,開除方便,一切悉斷。』這是在《楞伽經》第四卷講的。《楞伽經》第四卷有不應食肉章,有『不應食肉』這一章。


節錄自 :道證法師 《永不休診的救度》