Sabtu, 08 Februari 2014

Penyelamatan Dari Klinik 24 Jam 07



Mengandalkan kekuatan sendiri untuk terlahir ke Alam Sukhavati

Ada praktisi yang walaupun melafal Amituofo, tetapi dia menganggap bahwa dia harus berusaha sendiri untuk “mencapai pikiran terfokus tak tergoyahkan”,  saya harus mendapatkan piala “samadhi pelafalan Amituofo”,  bahkan menganggap bahwa saya amat senior dalam melatih diri, telah menyelamatkan banyak orang, membawa banyak orang memasuki elevator, semua ini berkat jasaku.

Sesungguhnya pada masa lalu ketika kami masih mendorong kereta pasien ke dalam lift rumahsakit, setelah masuk, sesungguhnya baik pasien maupun diriku dan kereta semuanya akan dipikul oleh elevator, semua makhluk adalah dipikul oleh kekuatan tekad Buddha Amitabha, bukanlah karena kekuatan diri sendiri!

Menganggap bahwa usaha itu adalah jerih payah sendiri, saya harus berusaha untuk mencapai “pikiran terfokus tak tergoyahkan”, saya harus mendapatkan piala “samadhi pelafalan Amituofo”, pemikiran sedemikian hanyalah akan menambah beban yang dipikul, yakni noda pikiran “kemelekatan pada keakuan”, ini adalah pemikiran para praktisi yang menganggap untuk terlahir ke Alam Sukhavati harus mengandalkan kekuatan sendiri.

Pemikiran sedemikian, hanyalah akan lebih capek dan menderita, sesungguhnya juga takkan memperoleh apa-apa. Andaikata ada yang diperolehnya, mungkin akan mendapatkan piala “stress”, yakni mendapatkan banyak tekanan karena melekat pada keakuan.

Cara berpikir sedemikian, juga takkan sebanding dengan mengandalkan kekuatanNya, yakni mengandalkan keseluruhan kemampuan elevator, praktisi yang tahu bersyukur akan cepat sampai di tujuan; senyaman mereka yang menyerahkan sepenuhnya pada kekuatan lift.

Orang jaman sekarang selalu menginginkan kebebasan, maka pilihlah sendiri, ingin menaiki tangga, atau menaiki lift, terserah pada pilihan anda. Andaikata anda memilih menaiki lift, tentu sama juga akan sampai di tempat tujuan, tetapi anda akan merasa lebih nyaman dan leluasa.    

 Petikan Ceramah Master Dao Zheng : Penyelamatan Dari Klinik 24 Jam



仗著自力往生的思想和心態
有些人雖然念佛,但是他的觀念中都認為,都是我自己的努力,我自己努力要修到『證一心不亂』,我要得一個『念佛三昧獎』,甚至認為都是我自己很修行,消息很靈通才能夠搭上這班電梯,或是認為都是我度了好多人,帶了好多人來搭這個電梯,都是我的功勞。其實我們以前推病人的推車上電梯,上了電梯,其實他和我和推車都是由電梯來負載,一切眾生都是阿彌陀佛的願力負載,根本就不是我的力啊!


像前面所說的,認為都是我自己努力,我自己要努力得『一心不亂』,我要得個『念佛三昧獎』,這樣的觀念只是多背了一個『我執』的煩惱、行李而已,這就是淨土法門當中,認為是仗著自力往生的一派的思想。這樣的想法,只是比較累、比較苦而已,其實也不會得到什麼。如果說要得到什麼,可能是得到『壓力獎』吧一一得到很多自我的壓力。



這樣的想法,也不會比仗他力的,歸功於電梯、心存感恩的人更早到;也不會比歸功於電梯的人更舒服。現代人處處強調要自由,好吧,大家要選擇自己爬樓梯,依通途法門來走;或者是要坐電梯,隨各人自由選擇。假如選擇搭電梯,那麼同樣會到,用哪一種心態會比較舒服,這也隨大家自己去體會。


節錄自 :道證法師 《永不休診的救度》