Selasa, 04 Juni 2013

Kematian Berubah Menjadi Kelahiran 014


Kehidupan keseharian adalah cobaan untuk menguji kekuatan keyakinan dan tekad --- setiap ujian begitu penting.

Ada keyakinan maka tak perlu takut! (Bila takut berarti tak memiliki keyakinan)

Ada tekad maka takkan khawatir ! (Bila khawatir berarti tak memiliki tekad)

Jika kita telah memutuskan bertekad lahir ke Alam Sukhavati, maka dalam keseharian semua kejadian baik besar maupun kecil, adalah cobaan yang menguji apakah kita telah memiliki keyakinan dan tekad yang sempurna.  Setiap ujian merupakan kunci yang sangat penting, yakni yang menentukan apakah kita dapat terlahir ke Alam Sukhavati atau mati sia-sia di alam saha. Contohnya : kita pernah membahas sebelumnya, suatu hari ada seorang wartawan yang hendak memeras Master Guang-qin, dia menjulurkan tangan pada Master dan mengancam:”Cepat serahkan uangmu, jika tidak, penaku yang akan berbicara, besok pagi artikelku akan memuat kejelekan dirimu, dijamin seluruh pergunungan anda tidak ada yang berani datang berkunjung lagi!”

 Dan Master Guang-qin sendiri telah membulatkan tekad untuk terlahir ke Alam Sukhavati, yang telah memiliki keyakinan dan tekad yang sempurna, jika ada keyakinan maka takkan ada kecemasan, asalkan ada keyakinan maka tak perlu takut! (bila takut berarti tidak memiliki keyakinan!) Master Guang-qin segenap hati berniat lahir ke Alam Sukhavati, maka itu tak peduli besok pagi suratkabar akan memuat kebaikan atau kejelekannya. Beliau juga tak peduli viharanya ada yang berkunjung atau tidak, maka itu beliau berkata pada orang yang memerasnya : ” Tolonglah, tulis saja yang lebih parah lagi, karena semakin banyak yang menghormati dan meminta pemberkatan dariku,  maka setiap hari saya harus mempersiapkan air Maha Karuna Dharani, jika semua orang mengatakan diriku jahat dan  tidak ada lagi yang mencariku, barulah saya dapat dengan tenang melafal Amituofo”.

Keyakinan dan tekad sempurna --- seketika juga malapetaka lenyap, sama-sama memasuki kondisi Sukhavati.

Ucapan Master Guang-qin, adalah bentuk dari keyakinan dan tekad yang telah sempurna segenap hati melafal Amituofo, wartawan yang mendengarnya jadi terpana, bilang bahwa walaupun dia telah mengelilingi seluruh penjuru dunia namun belum pernah bertemu dengan orang sedemikian, maka itu tidak berani lagi memerasnya. Master mengandalkan kekuatan keyakinan dan kekuatan tekadnya untuk terlahir ke Alam Sukhavati, seketika itu juga dapat terlepas dari malapetaka pemerasan, bersamaan itu pula menaklukkan niat jahat pelaku, mereka berdua seketika itu juga langsung terlahir ke dalam kondisi Sukhavati, ini adalah bentuk ujian dalam kehidupan keseharian yang menguji sampai mana kekuatan keyakinan dan kekuatan tekad kita.

Dikutip dari ceramah Master Dao-zheng : “Kematian Berubah Menjadi Kelahiran”



日常生活,皆是往生的信願考題每一考都重要
有信就不怕!(會怕就是沒信)
有願就不憂!(會憂就是沒願)

我們既然決定要往生,那麼日常生活大大小小的事,每一件都是考題,都在考驗我們的信心和願力是不是具足了。每一個考試都是重要的關鍵,都在決定我們是往生極樂還是枉死娑婆。舉個例來說:我們曾經講過,有一天有一位新聞記者去向上廣下欽老和尚勒索,他伸手向老和尚說:「把錢拿出來,如果不給錢,我的筆是很厲害的,明天把你寫一篇登報,保證你全山沒人要來!」而廣欽老和尚是決心願意往生極樂的人,是個具足信願的人,有信心就沒有恐怖擔憂,有信心就不怕了!(會怕就是沒有信心!)老和尚一心願意往生極樂,根本不在乎明天報紙上是說我好,還是說我壞。他也根本不在乎寺廟有沒有人要來,所以他只向來勒索的人說:「拜託你登報寫得越壞越好,因為大家恭敬我,求我加持,我得天天念大悲咒、持大悲水,如果大家都說我壞不恭敬我,沒人來找我,我才好靜靜的念『阿彌陀佛』。」

信願具足當下消災免難,彼此極樂

老和尚這幾句話,就是信願具足一心念佛的話,那位新聞記者聽了楞住,說跑遍大江南北沒有見過這樣的老和尚,再也不敢勒索他了。老和尚就憑著信心和願意往生極樂的願力,當下就把勒索的災難解脫了,也同時降伏了對方的惡心念,彼此都當下往生極樂了,這就是通過了日常生活中信和願的考題。

摘自 :「枉死」變「往生」

    道證法師講述