Sabtu, 15 Februari 2014

Penyelamatan Dari Klinik 24 Jam 45



Makan Daging Memutuskan Benih Maitri Karuna Jiwa KeBuddhaan

Bagian 1

Ada seorang praktisi yang berkata : “Buddha bilang bahwa “daging tiga kriteria boleh dimakan”, tetapi di kesempatan lain, ucapan Beliau sudah berlainan : “Orang yang makan daging, memutuskan benih maitri karuna Jiwa KeBuddhaan”.

Haruslah diperhatikan kalimat ini :  kemudian ucapan Beliau sudah berlainan, menunjukkan pada kita bahwa makan daging akan memutuskan benih maitri karuna Jiwa KeBuddhaan.

Sesungguhnya kalimat pemakan daging akan memutuskan benih maitri karuna Jiwa KeBuddhaan, bukanlah dibabarkan Buddha di kelak kemudian hari, tetapi saat-saat pertama ketika Buddha Sakyamuni baru mencapai KeBuddhaan, Beliau telah membabarkannya di dalam Brahmajāla-sūtra Bodhisattva Sila.

Tetapi, karena banyak makhluk yang bukan dalam sekejab mampu memasuki maha maitri maha karuna Jiwa KeBuddhaan, juga bukan dalam sekejab bisa membangkitkan Bodhicitta, masih banyak orang awam dan akar Hinayana, masih membutuhkan konsumsi daging, maka itu Buddha baru terpaksa membabarkan tentang daging tiga kriteria.

Kita juga tahu bahwa seorang dosen perguruan tinggi tidak mungkin bisa mengajarkan anak TK mata kuliah kalkulus, maka itu terpaksa menyesuaikan dengan tingkatan Taman Kanak-Kanak dan mengajari mereka hitungan dasar. Sama halnya juga Buddha membabarkan Dharma, juga menyesuaikan dengan kemampuan penyerapan masing-masing makhluk.

Petikan Ceramah Master Dao Zheng : Penyelamatan Dari Klinik 24 Jam


Keterangan :
Daging tiga kriteria adalah daging yang memenuhi kriteria :
1.     daging dari hewan yang tidak dilihat ketika dibunuh;
2.     daging dari hewan yang tidak kita dengar ketika dibunuh;
3.     daging dari hewan yang tidak secara khusus dibunuh untuk disajikan kepada kita.

 
 


食肉斷佛性慈悲種子


一位童子說:『佛陀是講『三淨肉可以吃啊』,可是在後來就講不一樣了,他是講『食肉者,斷佛性慈悲種子。』』

請諸位菩薩注意,這一句:後來就講不一樣了,舉出來是食肉者斷佛性慈悲種子。其實,這句『食肉』者斷佛性慈悲種子』並不是後來才講的;是佛初成道,講《梵網經菩薩戒》的時候,就已經這樣講了。

不過,因為有許多的眾生並不是一下子就能契入佛性的大慈悲,並不是一下子就能發起菩薩心,還有很多凡夫和小乘的根機,食欲、貪食肉的心很重,所以佛才委屈婉轉的說三淨肉、五淨肉等等。大家都知道,即使是大學教授也沒有辦法對幼兒園的學生講微積分啦。所以,也只好遷就幼兒園的程度,來講基本的算數。同樣這個道理,佛所講的法,為了遷就眾生的根機,有『不了義教』,有『了義教』。所謂『不了』,不了就是還沒有講到徹底圓滿。而『了義』就是講到徹底明嘹,徹底圓滿了。佛在入涅槃之前,交代我們:要依『了義』,不依『不了義』。佛的教典裡面,遷就根機,有部份是不了義。但是佛希望我們依從『了義教』。


節錄自 :道證法師 《永不休診的救度》