Minggu, 09 Juni 2013

Dari Bahagia Menuju Kebahagiaan 020



Jangan salah paham pada Buddha Amitabha!
Kata umum terindah dan menakjubkan di seluruh alam semesta : Amituofo!

   Sepatah ucapan manusia yang paling terbaik adalah “Amituofo”,  ada orang yang begitu mendengarnya langsung ingin tertawa, meniru gaya ucapan di tv : “Shan-zai, shan-zai!” ;  ada pula orang yang begitu mendengar langsung merasa risau dan berkata : “Saya kan belum mati, mengapa anda melafal Amituofo di hadapanku?”  Dia menganggap Amituofo diperuntukkan untuk orang mati dimana digunakan oleh para biarawan untuk mendoakan orang mati, ini adalah pandangan yang sungguh salah. Sebenarnya apa makna kata Amituofo?  Pertama kita bahas dulu kata “Amita”  yang terdiri dari 3 huruf ( A-Mi-Tuo) , tiga huruf ini diterjemahkan dari Bahasa Sansekerta, yang artinya “tak terhingga”.  

                Apa yang dimaksud dengan tak terhingga?  Yakni banyak sekali sampai tak terhitung, termasuk cahaya tanpa batas, cahaya tanpa batas adalah segala yang indah menakjubkan dalam ruang yang tak terhingga;  juga meliputi usia tanpa batas, segala yang indah menakjubkan dalam waktu yang tanpa batas. Kemudian ada lagi huruf “Buddha”,  yang sering kita dengar, namun juga selalu mencampurbaurkan Buddha dengan sebagian dewa dan malaikat sehingga tidak dibedakan dengan jelas. Sesungguhnya Buddha bukanlah dewa malaikat, Buddha artinya yang telah mencapai penerangan sempurna. Beliau telah mencapai pencerahan tentang alam semesta, aturan kehidupan manusia,  dan lagipula maitri karuna Nya, kebijaksanaan Nya setelah melalui pelatihan diri, telah berkembang sampai tahap sempurna tanpa rintangan.

                Buddha bukan saja mencerahkan diri sendiri telah mencapai kondisi yang pasti bersukacita, bahkan Beliau juga bertekad agar semua makhluk juga tak perlu menderita lagi selamanya seperti diri Nya, dapat terlepas dan bebas. Maka itu Buddha tanpa henti menggunakan pikiran maitri karuna dan kebijaksanaan untuk mengajari dan menyelamatkan para makhluk. Maka itu kita melafal sepatah Amituofo didalamnya sudah terkandung makna tanpa batas, ucapan selamat yang tak terhingga.  Karena artinya adalah cahaya tanpa batas dan usia tak terhingga, maitri karuna dan kebijaksanaan tanpa batas, pencerahan tanpa batas, sukacita tak terhingga. Coba anda pikirkan, di antara ucapan kita adakah yang lebih baik daripada ini?

Ada orang yang beranggapan Amituofo biasanya dilafal oleh para lansia, mana ada anak muda yang melafal?  Kenyataannya, orang yang memiliki pemahaman sangat menyadari bahwa Amituofo tidak boleh tidak dilafal. Saat kini banyak mahasiswa yang melafal Amituofo, bahkan selalu lebih tulus daripada para lansia. Karena mereka telah menyelami ajaran Buddha, memahami bahwa sepatah Amituofo ini ternyata begitu mendalam, begitu indah menakjubkan.


Dikutip dari ceramah Master Dao-zheng : “Dari Bahagia Menuju Kebahagiaan”



      別誤會「阿彌陀佛」!
  
  宇宙中,最美妙的共同語言:阿彌陀佛!
  
  
          人類的語言中最好的一句話就是「阿彌陀佛」,有的人一聽到就很想笑,學著電視回答:「善哉、善哉!」;有的人一聽到就很煩惱地說:「我又還沒死,你怎麼給我念阿彌陀佛呢?」他以為阿彌陀佛是人死掉以後,師父為人超度而念的,這都是錯誤的看法。到底「阿彌陀佛」是什麼意思呢?我們先來講「阿彌陀」這三個字,這三個字是梵語翻譯過來的,意思是「無量」。什麼叫無量?就是很多很多,多到無可限量,包含無量光明,無量光明是無限的空間中美妙的一切;又包括無量的壽命,也就是無限的時間中一切莊嚴美妙。還有「佛」這個字,走我們常常聽到的,不過也常把「佛」和一些鬼神混在一起分不清。其實佛並不是鬼神,它的意思是覺悟者。他已經覺悟宇宙、人生一切的道理,而且他的慈悲、智慧透過修行都已經開發達到圓滿無障礙的地步。佛不但自己覺悟已經達到絕對快樂歡喜的境界,而且他也願一切眾土都和他一樣永遠不必受一切痛苦,可以解脫自在。所以佛不斷以慈悲心用智慧來教化眾生、救度眾生。所以我們念一句阿彌陀佛就包含著無限意義,無限的祝福。因為他的意義是無量光明壽命、無量慈悲智慧、無量覺悟、無限的歡喜。您想想看,我們的語言當中有哪句話比這句話更好呢?

  
  有人認為阿彌陀佛是老太婆才念的,哪有年輕人念這個呢?事實上,阿彌陀佛是真正有研究的人才知道非念不可的。目前的大學生念「阿彌陀佛」經常比老太婆還虔誠。因為他們研究佛教的道理,瞭解這句「阿彌陀佛」原來定這麼深奧,這麼美妙。


摘自 :從樂入樂

道證法師講述