Jumat, 07 Juni 2013

Dari Bahagia Menuju Kebahagiaan 010



Kerinduan yang sesungguhnya ---  setiap saat tak terpisahkan.
 
  Kita dapat memahami,  seorang anak kecil yang merindukan mamanya, maka dia selalu meletakkan mama di dalam sanubari hatinya, misalnya sepulang sekolah, teman sekolahnya mengajaknya nonton film di bioskop, dia akan teringat pada mama di rumah yang sedang menantinya pulang untuk makan malam; bila ada yang mengundangnya makan menu istimewa, maka pertama yang terpikir olehnya adalah ingin memberinya pada mama; saat bangun tidur di pagi hari, ketika mata baru terbuka langsung teringat mama;  bila ada teman jahat yang mengajaknya berkelahi, dia langsung teringat kata mama yang selalu melarangnya berkelahi dengan orang lain; bila ada yang menghinanya, dia akan teringat nasehat mama untuk selalu menahan kesabaran; saat merasa tertekan juga teringat pada mama, inilah yang disebut memikirkan mama.  Kerinduan ini, walaupun teringat pada wajah maupun suara mama, ajaran mama.........dan sebagainya, ini adalah kerinduan yang sesungguhnya.

Sebaliknya, bila ada seorang anak lainnya, harus ada orang lain yang memberinya peraturan --- kamu di kamar ini harus mulai belajar memanggil mama selama satu jam, maka dia pun mulai belajar memanggil mama : “Mama, mama, mama ............ “, setelah memanggil mama selama satu jam dia pun keluar bermain-main, dan melupakan sosok mama. Bila ada makanan istimewa, dia menghabiskannya sendiri dan takkan terpikir pada mama; baik menonton di bioskop maupun keluar jalan-jalan dia melupakan mama yang selalu menantinya pulang makan di rumah; ketika berkelahi dengan orang lain dan terluka, membiarkan mama sangat risau, dia juga tak peduli. Tentunya anda takkan menganggap bahwa anak semacam ini ada memikirkan mamanya. Demikian pula halnya dengan melafal Amituofo, praktisi sekalian begitu pintar tentu dapat memahaminya sendiri.

Dikutip dari ceramah Master Dao-zheng : “Dari Bahagia Menuju Kebahagiaan”


真正的思念——念茲在茲,時刻不離
  
  
          我們還可以體會,一個孩子如果真正思念媽媽,他就會常常把媽媽放在心裡,譬如放了學,同學約他看電影,他就會想到媽媽在家等我回家吃晚飯;如果有人請 他吃好吃東西,首先他就會想到要給媽媽先吃;早上睡醒,眼睛一張開就會先想起媽媽;如果有不良少年要找他打架,他就會想起媽媽叫我不要和人家打架:有人欺 侮他,他也會想起媽媽要我凡事要忍耐:受了委屈也會想起媽媽,這就是真正想媽媽。這種思念,無論是想起媽媽的面容聲音、媽媽的教導……等,這都是真正的思 念。反過來說,如果有另外一個孩子,需要人家給他規定——你在這個房間裡開始叫媽媽叫一個小時,他就開始叫:「媽媽、媽媽、媽媽……」,叫了一個小時後跑 出去玩,就把媽媽完全忘掉了。有好吃的,自己吃光也不會想到媽媽;自己去看電影,去玩得都忘掉了媽媽在家等他吃飯;跟人家打架,打列受傷,讓媽媽很擔憂, 他也不在乎。我相信您絕對不會認為這種孩子是真的思念媽媽。我們念佛的道理也差不多,大家很聰明,可以自己去體會。

摘自 :從樂入樂

道證法師講述