Rabu, 05 Juni 2013

Kematian Berubah Menjadi Kelahiran 023



Alam saha --- alam yang terbentuk  sebagai reaksi dari noda batin kita --- maka itu harus dijauhi.

Alam Sukhavati ----  alam yang terbentuk atas reaksi kebahagiaan suci  dari dalam batin kita --- maka itu harus bersukacita mencapainya.

Definisi yang diberikan Master Ou-yi pada kata “tekad” ini, bisa dijelaskan sebagai “menjauhi alam saha, bersukacita pada Alam Sukhavati”. Kata menjauhi bukan berati kita harus amat membenci, namun artinya adalah tidak berminat maka dengan sendirinya dapat melepaskan, dalam hati tak terjalin dengannya, tidak memiliki keinginan.

Menurut Master Ou-yi,  alam saha adalah adalah alam yang terbentuk  sebagai reaksi dari noda batin kita,  jika memang dari sampah batin kita adakah nilainya? Tentu saja tak berminat, tak mungkin terjalin, juga tidak memohonnya. Dan bersukacita pada Alam Sukhavati maksudnya adalah bersukacita melangkah ke arah Alam Sukhavati, terjalin dengan kebahagiaan suci tanpa noda. Karena Alam Sukhavati, adalah alam yang terbentuk atas reaksi kebahagiaan suci  dari dalam batin kita,  oleh karena itu adalah kebahagiaan suci yang muncul dari dalam diri kita sendiri, maka haruslah terjalin dan bersukacita pada Nya.

Dikutip dari ceramah Master Dao-zheng : “Kematian Berubah Menjadi Kelahiran”


娑婆自心穢所召感理應厭離
極樂自心淨所召感理應欣求

蕅益大師對「願」這個字的定義、解釋是「厭離娑婆,欣求極樂」。「厭離」的意思不是叫我們很憎惡、很討厭,厭離是真的沒有興趣自然放下,內心不和它相應,不希求。

蕅益大師說,娑婆世界就是我們內心的污穢招感來的世界,既然是自心的垃圾有什麼好寶貴的?當然是沒有興趣,不相應、也不希求。而欣求極樂就是很歡欣地奔向極樂世界,很歡欣和清淨快樂相應。因為所謂極樂世界,就是我們的內心清淨快樂所招感來的世界,既然是自心的清淨快樂,當然是應該相應去欣求。

摘自 :「枉死」變「往生」
       道證法師講述