Senin, 03 Juni 2013

Kematian Berubah Menjadi Kelahiran 04


Detik ini membangkitkan tekad, maka detik ini juga akan bahagia.
Detik ini juga akan memperoleh “fasilitas kesejahteraan penduduk Alam Sukhavati.”

Di dalam Amitabha Sutra tertera : “Bila ada makhluk yang membangkitkan tekad, baik pada masa lalu, sekarang, maupun yang akan datang, berniat untuk terlahir ke Alam Buddha Amitabha, para praktisi ini, takkan mundur dari Anuttara samyak sambodhi, di negeri Buddha Amitabha, baik yang telah terlahir, sekarang, maupun yang akan lahir”. Master Ou-yi menjelaskan pada kita bahwa praktisi yang telah membangkitkan tekad, maka telah terlahir ke Alam Sukhavati, sedangkan yang sekarang baru membangkitkan tekad maka sekarang terlahir ke Alam Sukhavati, pernyataan ini berarti “sekarang membangkitkan tekad maka sekarang  juga terlahir ke Alam Sukhavati”.

“Masa kini” dapat diartikan sebagai “kelahiran pada masa sekarang”, juga dapat dijelaskan sebagai “detik ini juga”, yang berarti bahwa praktisi yang pada detik ini membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, maka detik ini juga dia akan memperoleh kebahagiaan. Dapat juga dikatakan bahwa praktisi yang bertekad untuk terlahir ke Alam Sukhavati, maka detik ini juga bersedia melepaskan semua kerisauan, tekanan batin, maka detik ini pula dia segera memperoleh kebahagiaan nan suci. Di dalam 48 tekad Buddha Amitabha tertera bahwa, dengan terlahir ke Alam Sukhavati maka akan memperoleh segala fasilitas kesejahteraan penduduk Alam Sukhavati; Sutra Amitabha juga berbunyi : Bertekad sekarang terlahir sekarang. Bila digabungkan dapat berarti bila detik ini juga membangkitkan tekad ke Alam Sukhavati, maka sekarang juga terlahir ke Alam Sukhavati, tentu saja tekad agung Buddha Amitabha, sekarang juga dapat terwujud! Dapat memperoleh fasilitas kesejahteraan penduduk Alam Sukhavati. Dan bila tidak dapat melepaskan kerisauan alam saha, tentunya hanya memperoleh penderitaan alam saha. Ini adalah pilihan pikiran anda sendiri.

Dikutip dari ceramah Master Dao-zheng : “Kematian Berubah Menjadi Kelahiran”


今發願,今就快樂
今就領受「極樂國民社會福利」

阿彌陀經上還有一段經文說:「若有人,已發願、今發願、當發願、欲生阿彌陀佛國者,是諸人等,皆得不退轉於阿耨多羅三藐三菩提,於彼國土,若已生、若今生、若當生。」蕅益大師為我們解釋經文說到已發願已生極樂,今發願今生極樂,當發願當生極樂,分明告訴我們「今發願今生極樂」。「今」這個字可以解釋作「這一期的生命」,也可以解釋成「現在當下」,意思就是現在願意往生極樂的人,現在就可以快樂地生活。也就是說一個真的有願往生極樂的人,現在就會願意放下一切煩惱、壓力,就可以立刻得清淨快樂。阿彌陀佛四十八大願說,生極樂國,得種種國民社會福利;阿彌陀經說:今願今生。合起來講,就是現在真願生極樂,現在就生在極樂,當然阿彌陀佛大願,現在就可以兌現!可以領到極樂國民的生活福利。而放不下娑婆憂惱的人,當然就得領受娑婆的苦味。這是自心選擇的。


摘自 :「枉死」變「往生」

道證法師講述