Senin, 10 Juni 2013

Dari Bahagia Menuju Kebahagiaan 023



Jiwa sejati teguh dan suci adalah makna “arah barat”

        Jiwa sejati tiada penderitaan, hanya merasakan kebahagiaan, adalah makna “Sukhavati”
  

  Di alam semesta ini ada banyak Buddha, pada awalnya Mereka juga sama dengan kita serupa makhluk biasa, kemudian Mereka mencapai pencerahan, pelatihan diri Mereka telah sempurna, mengembangkan keluar jiwa KeBuddhaan yang memang sudah ada maka disebut menjadi Buddha. Contohnya : Buddha Sakyamuni, Buddha Bhaisajyaguru adalah Buddha. Buddha Amitabha juga adalah salah satu Buddha, nama Nya adalah “Amita”, Buddha ini di masa lalu ketika melatih diri, pernah mengikrarkan tekad : jika ada orang yang pernah mendengar nama Nya,  timbul keyakinan, bersukacita berniat menuju ke Alam Nya, walaupun hanya sempat mendengar nama Nya di saat menjelang ajal, dan sudi melafal sepuluh kali nama Buddha, Buddha Amitabha akan menjemputnya ke Alam Sukhavati.

Apa yang dimaksud dengan “Alam Sukhavati”? Guru sesepuh memberitahukan kita : Arah barat mewakili jiwa sejati kita yang teguh dan suci, karena adalah alam yang terwujud dari jiwa KeBuddhaan nan suci yang dikembangkan oleh  pelatihan diri Buddha Amitabha, maka itu disebut arah barat. Mengapa disebut “Sukhavati”? Alam tersebut dapat dikatakan sebagai alam yang terindah dan paling agung di alam semesta, di mana di sana tiada kejahatan dan penderitaan, hanya ada kebahagiaan suci yang tiada batas, maka itu disebut Sukhavati.

Buddha Amitabha ibarat kepala sekolah, mendirikan sekolah terbaik, mengatur para Bodhisattva Mahasattva yang serupa dengan Bodhisattva Avalokitesvara yang mulia untuk menjadi guru kita dan sahabat sekolah, yang senantiasa mendampingi kita, menemani kita bermain, belajar dalam suasana penuh sukacita, kita bisa mendengarkan kicauan burung jelmaan bernyanyi, irama semilir angin yang menghembusi daun pepohonan, melihat bunga yang memancarkan cahaya, sampai berenang di kolam juga dapat tercerahkan.

Dikutip dari ceramah Master Dao-zheng : “Dari Bahagia Menuju Kebahagiaan”




      自性堅定、清淨,是「西方」義
  
  自性無有眾苦,但受諸樂,是「極樂」義
  
  
          在這個宇宙中有很多的佛,他們本來和我們是一樣的眾生,但定他們覺悟了、修行成就了,開發出本有的佛性就叫做佛。比如說:釋迦牟尼佛、藥師佛都是佛。阿彌陀佛也是一尊佛,他的名字就叫「阿彌陀」,這尊佛在過去修行的時候,曾經發過願:如果有人曾經聽過他阿彌陀佛這個名號,生起對他的信心,歡喜要去他的世界,甚至是臨命終才聽到,到臨命終時肯念十聲佛,阿彌陀佛都會來接引他去西方極樂世界。什麼叫做「西方極樂世界」?祖師告訴我們說:西方代表我們自性的堅定和清淨,因為是阿彌陀佛修行開發出清淨的佛性所顯現出來的世界,所以叫做西方。為什麼叫做「極樂」?那個世界可以說是宇宙中最美最莊嚴的世界,在那裡完全沒有罪惡和任何痛苦,只有無限的清淨喜樂,所以叫極樂。阿彌陀佛就像校長,建設出最好的教學設備,安排了像觀世音菩薩那樣偉大的諸大菩薩,做我們的老師、同學,陪我們一起遊玩,在快樂中學習,讓我們聽聽烏唱歌、風吹樹葉的演奏音樂,看著花朵放光,甚至列水裡去游泳都可以開悟。


摘自 :從樂入樂

道證法師講述