Jumat, 14 Juni 2013

Ujian dari Master Guang Qin 018


       Soal ujian sehelai rumput

Melekat pada sehelai rumput, maka harus bertumimbal lahir lagi


Suatu hari, guruku mengikuti Master Guang Qin ber cavkramana (berjalan perlahan mengitari sebuah tempat, biasanya dilakukan selesai makan, kelelahan atau sedang mengantuk ) di gunung belakang vihara, tiba-tiba melihat bunga rerumputan yang amat indah, guruku berkata : “Tunggu sebentar! Saya pergi mengambil gunting untuk memotong bunga-bunga ini dan ditaruh di pot buat persembahan kepada Buddha”. Master Guang Qin berkata : “Bunga rerumputan ini tumbuh di sini, memang dipersembahkan kepada para Buddha di sepuluh penjuru, mana perlu “anda” pergi mengguntingnya kemudian ditaruh di pot barulah disebut “anda” sedang membuat persembahan kepada Rupang Buddha! Harus diketahui, di alam saha ini, hanya melekat pada sehelai rumput saja, maka harus bertumimbal lahir lagi!”


Terhadap setiap pemandangan, membangkitkan hati yang luas, mempersembahkan pada para Buddha di sepuluh penjuru


Sikap Master Guang Qin terhadap sehelai rumput ataupun sekuntum bunga di dunia ini adalah membangkitkan hati persembahan yang luas, mempersembahkan kepada para Buddha di sepuluh penjuru.  Di mata Master Guang Qin, setiap helai rumput adalah peringatan dari Buddha, mengingatkan beliau untuk melepaskan lobha, dosa dan moha yang ada di dalam pikiran, jangan lagi bertumimbal lahir.



Praktisi yang “memahami” dan yang “tidak memahami” ketekunan.


Sehelai rumput, insan yang tahu menggunakannya, memanfaatkannya untuk mengingatkan diri melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati,
sebaliknya insan yang tidak tahu menggunakannya, maka digunakan untuk menambah kemelekatan, bertarung menuju tumimbal lahir.


Bagi Master Guang Qin, setiap kondisi akan menyebabkan beliau tercerahkan. Maka itu dikatakan :


Insan yang memahami ketekunan, setiap kondisi baik maupun buruk akan memunculkan kebijaksanaan,
insan yang tidak memahami ketekunan, di mana saja memunculkan lobha, dosa dan moha.


Dikutip dari ceramah Master Dao-zheng : Ujian dari Master Guang Qin