Senin, 27 Januari 2014

Penyelamatan Dari Klinik 24 Jam 01



Belajar Ajaran Buddha harus dimulai dari akarnya

Di dalam “Tiga Berkah Karma Suci”, berkah yang pertama adalah “berbakti pada ayahbunda, menghormati guru dan senior, berwelas asih tidak membunuh, dan melatih sepuluh kebajikan”.

Andaikata kita tidak memulai dari dasar ini, tidak ada pelaksanaan yang sesungguhnya, maka kita tidak tahu bagaimana memahami budi ayahbunda dan budi guru, apalagi menyadari budi Buddha Amitabha yang jauh dari kita? Jika tidak bisa menyadarinya, maka lafalan di mulut kita hanyalah kosong belaka.

Kenyataannya, jika tidak sudi mengamalkan pasti akan rugi besar. Mengapa demikian? Bagi yang tidak bersungguh-sungguh menyadari budi Buddha Amitabha, maka praktisi ini takkan membangkitkan keyakinan sepenuhnya, jangankan bilang keyakinan mendalam, yang dangkal saja juga takkan ada, sehingga merintangi keyakinan, tekad dan kelahiran ke Alam Sukhavati.

Kita juga pernah membahas bahwa orang yang tidak bermaitri karuna pasti takkan percaya bahwa Buddha tanpa pamrih akan bermaitri karuna pada dirinya, maka itu bagi mereka yang tidak bermaitri karuna tentunya akan merintangi dirinya sendiri, pada akhirnya tentu akan menderita kerugian besar.

Petikan dari : Penyelamatan Dari Klinik 24 Jam
Oleh : Master Dao Zheng

  
學佛一從根下手

我們有緣在一起學習佛法,而佛法廣大無邊,浩如煙海,我們有機會講的法實在是很少很少。最善於說法的是佛,佛尚且說,他講的法,如果比喻成手指甲上面的塵土,那麼還沒有講的法,就是有如大地的塵土。既然有機會講的法很少,那麼最重要的就是要提綱挈領,把握重點,指出一條正確的方向,和把握正確修學的態度。也就是要從根下手,方向、態度對了,就成功一大半,否則就注定要失敗。

聽起來好像只有樂樂記得向安安老師致謝、致敬,樂樂這種存心和態度很好,值得我們大家學習。樂樂菩薩護持大家學佛和長年的『能量補給』,十多年來發心主持大家的『吃門』,這個辛苦也不是一般人能體諒的。大家每次都一定要記得感恩、致謝哦!人如果不能感恩,就不如禽獸啰!

淨業第一福——『孝養父母,奉事師長,慈心不殺,修十善業。_』如果自己在這方面沒有下工夫力行,沒有真的實踐出來,既不能體會這麼親近的父母恩、師長恩,更要如何真正體會遙遠阿彌陀佛的恩惠呢?沒有真正體會,那麼嘴裡所說的就是抽象的空名詞。

事實上,沒有實踐一定會吃大虧。為什麼呢?沒有真正體會出佛恩的人,是不會有真信心的,更不用說是深信,連淺信都不會有,所以結果會障礙自己的信願和往生。

我們也講過,自己對人不慈悲的人,很難以相信佛平白無故會對我這麼慈悲,所以自己不行出慈悲,一定會障礙對慈悲的信心,結果會吃大虧。



節錄自 :道證法師 《永不休診的救度》