Kamis, 13 Juni 2013

Ujian dari Master Guang Qin 014




Mengajukan satu soal, ujian bagi semua orang!

(Mengumpulkan jasa atau menciptakan karma berasal dari diri sendiri)

  
Ada orang yang bertanya : Master Guang Qin memarahi muridnya di depan umum, apakah tidak khawatir orang lain akan menciptakan vaci karma?  


Karena ada orang yang secara keseluruhan tidak tahu Master Guang Qin berbuat demikian adalah atas permohonan muridnya “untuk melenyapkan keakuan” , dan melakonkan “peran antagonis”, sehingga mengundang salah paham dari banyak pihak, ada orang yang mungkin mengira Master Guang Qin tidak berpekerti sembarangan memarahi orang, bahkan ada yang menganggap Master menciptakan vaci karma dan muncul keangkuhan; ada juga orang lain yang menganggap murid yang kena marah itu tidak baik, maka juga ikut meniru gaya bicara Master, di mana-mana menyebarkan keburukan muridnya itu, menciptakan karma fitnahan pada Sangha; namun tentu saja ada juga yang memahami daya upaya Master Guang Qin dan memuji serta merasakan manfaatnya; ada juga yang melihat ilmu kesabaran muridnya, merasa malu pada diri sendiri; ada juga yang menfokuskan pikiran melafal Amituofo, takkan karena gosip sebagian orang dan melupakan kebenaran; juga ada yang memperoleh pengalaman dari kejadian tersebut, sebagai bahan belajarnya........


Sebelumnya kita telah pernah membahas : guru mengeluarkan satu soal ujian, setiap jawaban dari murid berbeda-beda, setiap niat pikiran yang timbul tidak sama, maka itu hasilnya juga tidak sama! Tampaknya Master Guang Qin sedang menguji seorang murid, namun sesungguhnya “mengajukan satu soal, ujian bagi semua orang!” Dari sini Master Guang Qin mengamati tingkatan batin masing-masing, kemudian menggunakan cara yang tepat untuk menyampaikan ceramahnya, ini adalah maitri karuna yang mendalam dari Master, andaikata para hadirin yang langsung menyaksikannya tidak mengerti, malah menciptakan karma, ini juga pilihan sendiri untuk menyerahkan hasil ujian moha dan karma buruk. Siapa yang bisa memaksa diri kita untuk berpikir tidak baik?  Semua ini adalah arah pikiran kita!


Dikutip dari ceramah Master Dao-zheng : Ujian dari Master Guang Qin





※出一題,大家考!

(修功、造業任自由)


有人提出疑問:老和尚當眾這樣罵弟子,會不會害大眾造業?


因為有人完全不知老和尚是應弟子懇求「去掉我相」,而演出的「反派教育片」,所以很可能產生種種誤會—有人可能以為老和尚亂罵沒修養,甚至認為老和尚造口業而生輕慢心;有人可能以為被罵的弟子不好,因而也學老和尚之口氣,四處去傳說該弟子不好,自造謗僧之罪;當然也有人了解老和尚用心而讚歎受益;也有人看到弟子當場之忍功,自生慚愧心;也有人一心念佛,不因他人是非而妄自動念;也有人從中得到考古題秘要,作為自己修學指標......

我們前面說:老師出同一考題,學生們答案各個不同,各人起心動念不同,就是所交的答案不同,當然成績各不相同!表面上老和尚是考一位弟子,但何嘗不是「出一題大家考!」老和尚從中觀察各人程度,再予以適當輔導開示,這是老和尚極深的慈悲,如果在場觀眾看不懂,自己起心造業,也全是自己選擇要交愚痴、惡業的考卷。有誰逼我們要起不善之念呢?全是自心之傾向啊!


摘自 :考古變今用 -道證法師講述