Sabtu, 19 Oktober 2013

Makna dari “Namo Amituofo”



Master Chin Kung Membahas :
Makna dari “Namo Amituofo”

Makna dari sepatah nama Buddha ini sungguh mendalam dan sangat luas, di sini saya hanya akan menjelaskan secara ringkas saja. Nama ini diterjemahkan dari Bahasa Sanskrit, “Namo” berarti penghormatan atau namaskara, juga dapat berarti berlindung pada, jadi kata ini mengandung makna menghormati, yakni kita bernamaskara dan berlindung padaNya. “Amituofo” adalah nama dari Guru Pembimbing di Alam Sukhavati, Buddha Sakyamuni mengajari kita untuk senantiasa melafal nama ini, yakni memberi penghormatan kepada Buddha Amitabha, berlindung pada Buddha Amitabha, juga memotivasi kita agar membangkitkan tekad untuk terlahir ke Alam Sukhavati, menerima ajaran dari Buddha Amitabha, menyempurnakan KeBuddhaan, ini adalah harapan terbesar Buddha Sakyamuni kepada kita semuanya.

Bila “Amituofo” diterjemahkan ke dalam Bahasa Mandarin, maka “A” berarti “tanpa”, “mituo” artinya “batas”, “fo” artinya “pencerahan”, yang memiliki makna “pencerahan tanpa batas”.

Pencerahan tanpa batas berarti tidak ada yang tidak diketahui, tidak ada yang tidak tercerahkan, makna yang terkandung di dalamnya sungguh luas dan mendalam. Bila kita menyimpulkannya, maka makna dari Amituofo adalah 48 tekad agung yang tertera dalam Sutra Usia Tanpa Batas, ini adalah intisari dari pencerahan tanpa batas ; jika kita menjabarkannya, maka ini adalah “Sutra Usia Tanpa Batas”. Maka itu kita dapat mengatakan bahwa 48 tekad agung adalah penjelasan dari sepatah Amituofo, dan Sutra Usia Tanpa Batas adalah penjelasan dari 48 tekad agung.

Tetapi Sutra Usia Tanpa Batas hanyalah penjelasan singkat, penjelasan yang lebih terperinci ada pada Avatamsaka Sutra, maka itu dikatakan bahwa Avatamsaka Sutra adalah penjelasan dari Sutra Usia Tanpa Batas. Adakah penjelasan yang lebih mendetail lagi? Ada, yakni seluruh Dharma yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni selama 49 tahun, inilah penjelasan dari Avatamsaka Sutra. Praktisi sekalian, jika anda dapat memahami dari keseluruhan makna ini, maka dapat kita simpulkan bahwa sepatah Amituofo adalah intisari dari keseluruhan Buddha Dharma.

Maka itu, Buddha mengajarkan kita bahwa dengan melafal sepatah Amituofo ini berarti telah membaca keseluruhan dari Ajaran Buddha Sakyamuni selama 49 tahun, satu katapun takkan ketinggalan, dalam Buddha Dharma dapat disebut sebagai intisari pintu Dharma. “Namo Amituofo” adalah intisari dari keseluruhan Buddha Dharma. Setelah kita menerima dan mengamalkan intisari ini, maka kita membangkitkan tekad untuk terlahir ke Alam Sukhavati mengikuti Buddha Amitabha, pasti akan mencapai KeBuddhaan. Inilah penjelasan ringkas dari sepatah Amituofo.        

  



这一句佛号的意义太深广了,我在此地略微解释一下。 「南无」不能念成「nán wú」,这么念法就错了。这个名号是从印度梵文音译过来的,一定要念汉唐时候的音才准确,念「nā mó」,这是古音。 「南无」是恭敬礼拜的意思,亦是皈依的意思,所以此二字是恭敬之词,就是我们顶礼、敬礼、皈依。 「阿弥陀佛」是西方极乐世界导师的名号,释迦牟尼佛教导我们常念这一句名号,就是要恭敬阿弥陀佛,要皈依阿弥陀佛,更鼓励我们发愿求生阿弥陀佛的国土,接受阿弥陀佛的教导,成就圆满菩提,这是释迦牟尼佛对学生最大的期望。

「阿弥陀佛」翻成中国话,「阿」翻作「无」,「弥陀」翻作「量」,「佛」翻作「觉」,就是无量觉的意思。无量觉就是无所不知,无所不觉,这个意思内容太深广了。我们将之归纳起来,阿弥陀佛的意义就是《无量寿经》上所讲的四十八愿,这就是无量觉的浓缩;若将之展开,就是全部的《无量寿经》。因此,我们可以说四十八愿是阿弥陀佛名号的注解,而《无量寿经》是四十八愿的注解。但《无量寿经》还只是略说,再详细说就是《大方广佛华严经》,所以《大方广佛华严经》实在讲是《无量寿经》的详细说明。有没有更详细的?有,释迦牟尼佛四十九年所说的一切法,就是《大方广佛华严经》的细说。诸位要是能从这个意义上去体会,就知道这一句阿弥陀佛是整个佛法的总纲领、总原则。


所以,佛教导我们念这一句佛号,就将世尊四十九年所说一切法都念到了,一句也没漏掉,在佛法里可说是大总持法门。总持就是现在所讲的总纲领、总原则,「南无阿弥陀佛」是整个佛法的总纲领、总原则。我们受持这一个总纲领、总原则,发愿求生极乐世界亲近阿弥陀佛,决定成就,决定得生。这是佛的名号简单的释解。